Pengaruh penggunaan model pembelajaran scrambel terhadap kecerdasan linguistik siswa kelas IV MIN Kudus pada mata pelajaran Bahasa Inggris tahun 2019/2020

Rahayu, Neli Marta (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran scrambel terhadap kecerdasan linguistik siswa kelas IV MIN Kudus pada mata pelajaran Bahasa Inggris tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096105_Neli Marta Rahayu]
Preview
Text (Skripsi_1503096105_Neli Marta Rahayu)
Skripsi_1503096105_Neli Marta Rahayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya
permasalahan yang dihadapi siswa yaitu rendahnya kecerdasan
linguistik siswa dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses
pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble
terhadap kecerdasan linguistik siswa kelas IV MIN Kudus pada
mata pelajaran Bahasa Inggris tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen kuasi. Desain penelitian adalah nonequivalent control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV
MIN Kudus yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 134 siswa.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.
Dari pengambilan sampel diperoleh kelas IV A sebagai kelas
eksperimen penelitian dan kelas IV C sebagai kelas kontrol
penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa rata-rata
nilai posttest kecerdasan linguistik kelas eksperimen adalah 71,76
dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 67,24. Kemudian
dilakukan uji t-tes dengan taraf signifikansi diperoleh
sebesar 3,363 dengan sebesar 1,997 sehingga
maka ditolak. Artinya rata-rata kecerdasan
linguistik kelas eksperimen (menggunakan model scramble) lebih
baik dari rata-rata kecerdasan linguistik kelas kontrol (menggunakan
metode ceramah). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berpengaruh
terhadap kecerdasan linguistik siswa kelas IV MIN Kudus pada
mata pelajaran Bahasa Inggris tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran scramble; kecerdasan linguistik; Bahasa Inggris; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:02
Last Modified: 29 May 2021 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics