Hubungan antara perhatian orang tua dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU Salafiyah Karangamalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2018-2019
Mawalinda, Nur Purwaning (2019) Hubungan antara perhatian orang tua dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU Salafiyah Karangamalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503096102_Nur Purwaning Mawalinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019; (2) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019; (3) perhatian orang tua dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019 yang ditunjukkan oleh rhitung = 0,652 > rtabel = 0,433 pada taraf signifikan 5%; (2) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019 yang ditunjukkan oleh rhitung = 0,739 > rtabel = 0,433 pada taraf signifikan 5%; (3) ada hubungan positif antara perhatian orang tua dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI NU 61 Salafiyah Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018-2019 yang ditunjukkan oleh Fhitung = 36,30 > Ftabel = 3,554 pada taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua; Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar; Siswa; Mata Pelajaran IPS; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 04:11 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12499 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year