Pembiasaan sholat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar tahun 2019

Afiyah, Istidamah Nailal (2019) Pembiasaan sholat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106008_Istidamah Nailal Afiyah]
Preview
Text (skripsi_1503106008_Istidamah Nailal Afiyah)
skripsi_1503106008_Istidamah Nailal Afiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa bukan hanya pendidikan umum saja yang diajarkan guru kepada anak usia dini tetapi juga menekankan pada nilai-nilai keislaman seperti pembiasaan shalat dhuha, hafalan surat pendek, hadist, dan doa-doa setiap harinya. Selain itu, ketika pelaksanaan beberapa anak di kelompok B masih ada yang gaduh, bermain sendiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan tahun 2019? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2019?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah (1) melalui pembiasaan shalat dhuha, nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun yang dikembangkan sesuai dengan STPPA diantaranya: mengenal agama yang dianutnya, menerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan menghormati (toleransi) agama orang lain. Pembiasaan shalat dhuha di RA Masjid Al-Azhar dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaannya berupa perencanaan tertulis seperti pembuatan RPPH, RPPM, promes dan prota. Persiapan fisik berupa media/sarana dan prasana yang mendukung. Kesiapan mental dari pendidik. Pelaksanaannya meliputi praktik wudhu, praktik adzan dan iqamah, praktik shalat dhuha, serta doa dan dzikir sesudah shalat. Evaluasi pada pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun meliputi penilaian harian, mingguan dan bulanan. Menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, catatan anekdot dan ceklis.
(2) Faktor pendukung pembiasaan shalat dhuha dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun diantaranya kondisi siswa yang tertib, fasilitas sekolah yang mendukung, alokasi waktu, dukungan dan motivasi dari guru serta orang tua. Faktor penghambatnya berupa kesulitan guru mengkondisikan siswa, siswa yang terlambat masuk ke sekolahan, perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha; Nilai Agama dan Moral; Anak Usia Dini; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:27
Last Modified: 22 May 2021 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics