Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019

Maulina, Hasbuna (2019) Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106031_Hasbuna Maulina]
Preview
Text (skripsi_1503106031_Hasbuna Maulina)
skripsi_1503106031_Hasbuna Maulina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usi 5-6 tahun. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih terdapat anak-anak yang minim kesadarannya dalam berperilaku sopan santun, baik dari tingkah laku dan berbicara dalam kesopanan terhadap guru maupun sesama temannya.. Sehingga perlu adanya penanaman atau pembiasaan dari guru yaitu dengan cara menghormati orang yang lebih tua, menerima sesuatu dengan tangan kanan, tidak meludah disembarang tempat, berbicara dan bertingkah laku yang baik, mengucapkan terimakasih,meminta tolong dan maaf, saling tolong menolong dan memaafkan sesama teman dan menghargai perbedaan pendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari sumber berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitiandi RA Tarbiyatussalam Demak, peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak dapat disimpulkan bahwa (1) peran guru dalam berinteraksi (2) Peran guru dalam pengasuhan dan (3) Peran guru dalam pembelajaran. Dalam peran ini guru selalu memberikan contoh kepada anak dengan cara menghormati orang yang lebih tua, berbicara yang baik, bertingkah laku yang baik, selalu menerima hal apapun menggunakan tangan kanan, tidak meludah di sembarang tempat, selalu mengucapkan terimakasih, meminta tolong, saling memaafkan dan menghargai perbedaan pendapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Sopan Santun; Penanaman Perilaku; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:49
Last Modified: 22 May 2021 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics