Adawiyah, Robiatul (2019) Pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode qiro'ati pada kelompok a di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106037_Robiatul Adawiyah]
Preview
Text (skripsi_1503106037_Robiatul Adawiyah)
skripsi_1503106037_Robiatul Adawiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran membaca
al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul
Islam Ngaliyan Semarang. Pembelajaran membaca al-Qur‟an
merupakan sebuah proses belajar al-Qur‟an yang disampaikan oleh
pendidik kepada peserta didik, dengan tujuan agar peserta didik
mampu membaca al-Qur‟an dengan tartil, baik dan benar sesuai
dengan kaidah yang telah ditentukan. Adapun metode membaca
al-Qur‟an yang menggunakan metode praktis adalah metode Qira‟ati.
Metode Qira‟ati merupakan sebuah metode pembaharu dari metode
membaca al-Qur‟an sebelumnya, yaitu metode Baghdadiyah dan
metode Iqra‟. Dengan diterapkannya metode Qira‟ati, anak diajari
membaca al-Qur‟an secara langsung tanpa harus mengeja serta Lancar,
Cepat, Tepat, dan Benar (LCBT). Hal ini menjadikan anak tidak
hanya mengingat atau menghafal huruf-huruf al-Qur‟an, akan tetapi
mampu memahami serta melafalkan huruf al-Qur‟an dengan baik,
tepat, dan benar sesuai dengan kaidah tajwid.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka studi ini
dimaksudkan untuk menggali lebih dalam tentang: (1) Bagaimana
perencanaan pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metode
Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang?
(2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan
metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan
Semarang? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca al-Qur‟an
dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam
Ngaliyan Semarang?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif.
vii
Adapun sumber data meliputi kepala sekolah dan guru di RA IT Nurul
Islam Ngaliyan Semarang, guna mendapatkan gambaran pembelajaran
membaca al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati. Sedangkan data
diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif,
yaitu metode analisis data yang berupa kata/kalimat, dan gambar.
Setelah melakukan penelitian, maka diperoleh suatu hasil
bahwa pembelajaran al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada
kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang, dilaksanakan
melalui 3 tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, yang dilakukan dengan
menetapkan target pencapaian anak, kemudian pembuatan silabus dan
menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan, yaitu pembelajaran
masuk dalam kegiatan inti dan formal pada pukul 08.00-09.00 di hari
Senin-Kamis melalui strategi klasikal-individual. 3) Evaluasi, yang
dilakukan oleh koordinator Qira‟ati lembaga yaitu Ibu Latifah Hanum
yang merupakan putri kandung dari KH. Dachlan Salim Zarkasyi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca al-Qur’an; metode Qira’ati; Pendidikan Islam Anak Usia dini; RA IT Nurul Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:11
Last Modified: 22 May 2021 06:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics