Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting pada sentra seni kelompok B2 di TK Pembina ABA 54 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2018/2019

Alawiyah, Syarifah (2019) Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting pada sentra seni kelompok B2 di TK Pembina ABA 54 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106056_Syarifah Alawiyah]
Preview
Text (skripsi_1503106056_Syarifah Alawiyah)
skripsi_1503106056_Syarifah Alawiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah realita akan pentingnya
pengembangan kreativitas anak sejak usia dini pada dasarnya setiap
manusia mempunyai potensi kreatif dalam dirinya, maka dari itu
tujuan kegiatan pembelajaran anak harus menyenangkan dan berpusat
pada anak sehingga dapat meningkatkan kreativitas anak. Kegiatan
finger painting yang dapat meningkatkan krativitas menggunakan
bidang dasaran kertas buffalo dan kain mori putih serta bubur warna
dari lem kayu dan pewarna makanan.
Penelitian ini dilakukan di TK PEMBINA ABA 54 Semarang,
karena penting bagi guru untuk menjadi model desain untuk
memperhatikan perkembangan kreativitas anak usia dini dalam
seluruh aspek. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1)
Bagaimana pengembangan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan
finger painting pada sentra seni di TK PEMBINA ABA 54 Ngaliyan
Semarang? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan pengembangan kreativitas anak usia dini melalui finger
painting pada sentra seni di TK PEMBINA ABA 54 Ngaliyan
Semarang?
Berdasarkan hasil penelitian tersebut pelaksanaan
pengembangan kreativitas anak sudah berjalan dengan baik dengan
tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengembangan
kreativitas anak sudah baik dari 21 anak terdapat lima anak yang
perkembangan kreativitas anak masih kurang atau belum optimal.
Faktor pendukung dari pelaksanaan pengembangan kreativitas yaitu
keahlian guru, adanya media pembelajaran yaitu media gambar dan
kondisi siswa yang tertib dan aktif. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah terdapat lingkungan yang terbatas, tidak memberikan evaluasi,
terdapat anak yang kurang memperhatikan guru, terdapat anak pasif,
dan media pembelajaran yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Kreativitas; Anak Usia Dini; Finger Painting; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:04
Last Modified: 28 Jul 2021 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics