Peran guru dalam meningkatkan kemandirian akhlak anak kelompok b di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang tahun 2019

Mulyanti, Tri (2019) Peran guru dalam meningkatkan kemandirian akhlak anak kelompok b di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106061_Tri Mulyanti.pdf]
Preview
Text
skripsi_1503106061_Tri Mulyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kemandirian akhlak anak kelompok B di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang?. Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemandirian akhlak anak kelompok B di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian di dapatkan dari beberapa sumber yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar peserta didik sudah memiliki kemandirian berakhlak, kemandirian akhlak paling dominan yaitu kemandirian sosial. 2) Peran yang dilaksanakan pendidik dalam meningkatkan perkembangan kemandirian akhlak menerapkan 9 peran, dan peran yang paling dominan adalah peran sebagai informator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Kemandirian Akhlak; Pendidikan Islam Anak Usia Dini; RA Miftakhul Akhlaqiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:07
Last Modified: 22 May 2021 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics