Pengaruh strategi learning start with a questions dan make a match terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun 2019/2020

Tyas, Dian Amirul Wahyuning (2019) Pengaruh strategi learning start with a questions dan make a match terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096059_Dian Amirul Wahyuning Tyas]
Preview
Text (skripsi_1503096059_Dian Amirul Wahyuning Tyas)
skripsi_1503096059_Dian Amirul Wahyuning Tyas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat belajar dan kemampuan berpikir kritis
selama ini sering dialami oleh peserta didik. Hal ini disebabkan
faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan strategi
pembelajaran yang kurang berpengaruh terhadap minat belajar dan
kemampuan berpikir kritis peseta didik. Dalam upaya
meningkatkan kemampuan berpikir kritits salah satu alternatifnya
dapat menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A
Question dan Make a Match yang diharapkan dapat meningkatkan
minat belajar dan kemampuan berpikir kritis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With A
Question dan Make A Match terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa di MI Nashrul Fajar Kota Semarang. Penelitian ini memiliki
tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Learning
Start With A Questins dan Make A Match berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa di MI Nashrul Fajar Kota
Semarang .
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB
sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel ini
dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode
dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji
keseimbanganya dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji
kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan
berbeda, kelas eksperimen Strategi Pembelajaran Learning Start
With A Questions Dan Make A Match sedangkan kelas kontrol
menggunakan Strategi pembelajaran Konvensional.
vi
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji perbedaan
dua rata-rata. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf
signifikan 5% dan diperoleh ttabel= 1,67 dan thitung= 4,95, karena
thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Strategi
Pembelajaran Learning Start With A Questions Dan Make A Match
berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada
Pembelajaran IPA. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai
tes akhir kelas eksperimen = 81,70 dan kelas kontrol = 69,78.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar learning start with questions; Strategi belajar learning make a match; Kemampuan berpikir kritis; MI Nashrul Fajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:14
Last Modified: 29 May 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics