Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada siswa kelas 1 MI Raudlatul Athfal Pucung Bamban Kerep Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020

Masithoh, Anis Silvia (2019) Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada siswa kelas 1 MI Raudlatul Athfal Pucung Bamban Kerep Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096050_Anis Silvia Masithoh]
Preview
Text (skripsi_1503096050_Anis Silvia Masithoh)
skripsi_1503096050_Anis Silvia Masithoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca huruf
hijaiyyah pada siswa kelas I MI Raudlatul Athfal Pucung
Bambankerep Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020.
Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan adanya perbedaan hasil
pretest dan posttest kemampuan membaca huruf hijaiyyah siswa kelas
I.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen.
Metode penelitian yang digunakan metode penelitian Pre-
Experimental Design dengan menggunakan rancangan desain One
Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian
ini terdiri dari satu kelas, sebanyak 30 siswa kelas I di MI Raudlatul
Athfal Pucung Bambankerep Ngaliyan Kota Semarang. Teknik
pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan
analisis statistik perbedaan satu pihak yaitu analisis uji t test.
Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, nilai rata-rata pretest
adalah 59,9000 dengan nilai tertinggi 78 dan terendah 41, sementara
rata-rata nilai akhir (posttest) adalah 68,3667 dengan nilai tertinggi 88
dan terendah 47. Dari analisis data akhir diperoleh = 12,464
dan = 1,699 dengan taraf signifikansi 5%. Karena >
hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan
signifikan antara hasil pretest dan posttest kemampuan membaca
huruf hijaiyyah pada siswa kelas I MI Raudlatul Athfal Pucung
Ngaliyan Bambankerep Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020.
Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa, penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap
vi
.
kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada siswa kelas I MI
Raudlatul Athfal Pucung Ngaliyan Bambankerep Kota Semarang
tahun ajaran 2019/2020
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para
pendidik (guru)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media flashcard; Kemampuan membaca; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Raudlatul Athfal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:16
Last Modified: 29 May 2021 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12549

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics