Efektivitas penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca interaktif bagi peserta didik kelas II MI Al-Hikmah Tembalang

Nurrohim, Liyana (2019) Efektivitas penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca interaktif bagi peserta didik kelas II MI Al-Hikmah Tembalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096041_Liyana Nurrohim]
Preview
Text (skripsi_1503096041_Liyana Nurrohim)
skripsi_1503096041_Liyana Nurrohim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran.
Proses membaca dapat membantu siswa untuk memperluas wawasan dan
mencari informasi serta mendapatkan pengetahuan. Dikarenakan kegiatan
membaca yang kurang bervariasi membuat minat membaca peserta didik
menurun dan hal itu berpengaruh terhadap kemampuan membaca. Sehingga
tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas
penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca interaktif
peserta didik MI Al-Hikmah Tembalang. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk mengetahui apakah penggunaan media Big Book efektif terhadap
kemampuan membaca interaktif bagi peserta didik kelas II MI Al-Hikmah
Tembalang.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIA dan IIB dengan jumlah
keseluruhan 65 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IIA yang
berjumlah 34 siswa, dan kelas IIB yang berjumlah 31 siswa. Seluruh
populasi ini dijadikan sampel penelitian, adapun kelas yang digunakan
sebagai sampel adalahk elas IIA sebagai kelas eksperimen dan IIB sebagai
kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dengan menggunakan tehnik
analisis statistik. Rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen
setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan media Big Book ̅
dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media Big Book ̅
, berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh dan
akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini
, maka penggunaan media Big Book efektif terhadap kemampuan
membaca interaktif peserta didik kelas II MI Al-HikmahTembalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media big book; Kemampuan membaca interaktif; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Al-Hikmah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:21
Last Modified: 29 May 2021 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics