Pengaruh penerapan independent reading terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V di MI Al-Hikmah Tembalang Semarang tahun 2018/2019

Musthofiyana, Fitri Nur (2019) Pengaruh penerapan independent reading terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V di MI Al-Hikmah Tembalang Semarang tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096021_Fitri Nur Musthofiyana]
Preview
Text (skripsi_1503096021_Fitri Nur Musthofiyana)
skripsi_1503096021_Fitri Nur Musthofiyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh penerapan Independent Reading terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di MI Al-Hikmah Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini ditunjukan dengan adanya pengaruh penerapan Independent Reading terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Al-Hikmah Tembalang Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah 36 siswa, dengan kelas VA yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol.
Data yang dianalisis dengan menggunakan statistika uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata atau Post-test, kelompok yang menerapkan Independent Reading adalah 74,72 sedangkan nilai rata-rata, kelompok yang tidak menerapkan Independent Reading adalah 63,06. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung = 3,155 sedangkan ttabel = 1,691 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Karena thitung > ttabel maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Independent Reading terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di MI AL-Hikmah Tembalang Semarang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Independent reading; Keterampilan membaca; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Al-Hikmah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:34
Last Modified: 29 May 2021 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics