Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan limbah ikan dero : Study di home industry perahu layar Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati

Hidayati, Fanni Agustina (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan limbah ikan dero : Study di home industry perahu layar Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1401046002_Fanni Agustina Hidayati]
Preview
Text (skripsi_1401046002_Fanni Agustina Hidayati)
skripsi_1401046002_Fanni Agustina Hidayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Limbah Ikan Dero (Studi di Home industri Perahu Layar Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah).
Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui pemanfaatan limbah ikan dero di Desa Sambiroto. Permasalahan limbah ikan dero ini menjadikan lingkungan kurang bersih dan sehat sehingga memerlukan penangan yang baik dan benar. Upaya-upaya dilakukan untuk menangani pengolahan limbah ikan dero dengan cara mendaur ulang memanfaatkan potensi yang ada untuk dikembangkan pada industri kecil seperti Home Industri Perahu Layar, yakni menjadikan limbah ikan dero sebagai pelet ikan yang memiliki nilai ekonomis dan juga mampu berpengaruh membantu keluarga nelayan pada aspek ekonomi.
Pemanfaatan limbah ikan dero di Home Industri Perahu Layar di Desa Sambiroto permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan masyarakaat melalui pemanfaatan limbah ikan dero di Home Industri Perahu Layar di Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati dan Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan limbah ikan dero di Home Industri Perahu Layar di Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Tujuan meliputi (1) untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan limbah ikan dero di Home Industri Perahu Layar di Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan limbah ikan dero di Home Industri Perahu Layar di Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Limbah Ikan Dero pada Home industri Perahu Layar Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah yaitu pertama, tahap pemaparan masalah; kedua, tahap analisis masalah; ketiga, tahap penentuan tujuan dan sasaran; keempat, tahap perencanaan tindakan; kelima, tahap pelaksanaan kegiatan; keenam, tahap evaluasi. (2) Faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat. Pertama, faktor pendukung: dukungan dari pemerintah dan masyarakat, sumberdaya manusia yang banyak. Kedua, faktor penghambat: bahan baku sulit diperoleh, sulitnya modal usaha, alat produksi tidak memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Pemanfaatan limbah ikan dero; Pengembangan masyarakat Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 622 Mining and related operations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:56
Last Modified: 22 May 2021 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12562

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics