Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Semester II pada Mata Pelajaran Matematika Materi Jaring-jaring Limas dan Prisma Tegak Lurus dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di MI NU Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Mujab, Saiful (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Semester II pada Mata Pelajaran Matematika Materi Jaring-jaring Limas dan Prisma Tegak Lurus dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di MI NU Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911285_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911285_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 093911285_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911285_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 093911285_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911285_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 093911285_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911285_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 093911285_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911285_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 093911285_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911285_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 093911285_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911285_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V semester II pada mata pelajaran Matematika materi jaring – jarring limas dan prisma tegak lurus dengan menggunakan metode Demontrasi.
Jaring – jarring Limas dan Prisma Tegak Lurus merupakan materi yang sulitditerima, ini disebabkan karena rendahnya pemahaman materi, siswa mengalami kesulitan dalam memahami gambar.
Penelitian tindakan kelas ini dibagi dalam dua siklus yaitu psiklus 1, dansiklus 2.Pada prasiklus diperoleh dari satu tahun yang lalu, pada prasiklu sini guru belum memakai metode demontrasi.Pada siklus 1 dan 2 terdiri dari perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya sehingga proses dan hasil pelaksanan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklusnya akan diukur hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar pesertadidik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prasiklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajara dalah 73,8 dan 69,2 %. Setelah dilakukan siklus 1 nilai rata-rata kelas 76,2 dan ketuntasan 84,6 %. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran siklus 1 masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan sesuai dengan indicator keberhasilan yaitu lebih besar atau sama dengan 60 dengan ketuntasan 84,6 %. Kemudian dilaksanakan siklus 2 diperoleh nilai rata - rata kelas 85 dan ketuntasan belajar 100 % .Ini menunjukkan peningkatan daripada siklus sebelumnya dengan indicator ketuntasan sudah terpenuhi.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V semester II pada mat apelajaran matematika materi jaring - jaring Limas dan Prisma Tegak Lurus

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Matematika; Alat Peraga; Metode Pembelajaran; Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:23
Last Modified: 31 Dec 2013 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics