Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits melalui Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) pada Peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011
Saidah, Nur (2012) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits melalui Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) pada Peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911294_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (162kB) | Preview
093911294_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
093911294_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
093911294_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
093911294_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (137kB) | Preview
093911294_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
093911294_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak melalui penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction), 2) Untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak melalui penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction).
Penelitian ini difokuskan pada penerapan model pembelajaran ATI dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan mengambil subjek penelitian peserta dididk kelas V, dikarenakan kelas ini yang mempunyai permasalahan serius, yakni rendahnya aktivitas dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini merupakan penilitian tindakkan kelas, terdiri dari 2 siklus meliputi beberapa tahapan : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model ATI mampu menjawab atas permasalahan yang diajukan, yakni rendahnya aktivitas dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta dididk. Dari siklus yang ditetapkan, yaitu dua siklus membuktikan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dan II, secara berturut-turut adalah: 78 % dan 88%. Sedangkan persentase prestasi belajar Al-Qur’an Hadits secara berturut-turut pada siklus I dan siklus II adalah 83 % dan 98%.
Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran ATI dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interac-tion) pada peserta didik Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Al-Qur’an Hadits; Model Pembelajaran; Aptitude Treatment Interaction (ATI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 04:53 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 04:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1274 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year