Kontribusi tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Falahiyyah Sambung Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020

Mufti, Alan Khoirul (2020) Kontribusi tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Falahiyyah Sambung Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403096096_Alan Khoirul Mufti]
Preview
Text (Skripsi_1403096096_Alan Khoirul Mufti)
Skripsi_1403096096_Alan Khoirul Mufti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa suatu lembaga pendidikan sekolah tata tertib sangatlah diperlukan dalam mengatur, mendisiplinkan, dan mendidik siswa. Disiplin tata tertib sekolah merupakan sesuatu yang penting karena mempunyai fungsi yang bermanfaat. Untuk mendisiplinkan siswa perlu adanya hukuman yang perlu di terapkan bagi pelanggar disiplin tata tertib. Keberhasilan belajar juga dapat diciptakan melalui kedisiplinan siswa dalam belajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Kontribusi Tata Tertib Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Falahiyyah Sambung Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa di MI Falahiyyah Sambung Rowosari Tembalang Semarang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tata tertib sekolah di MI Falahiyyah Sambung Rowosari Tembalang Semarang meliputi: Tata tertib siswa, Siswa wajib datang sebelum jam pelajaran dimulai, siswa wajib berpakaian seragam sekolah, pada saat pelajaran pendidikan jasmani siswa wajib mengenakan pakaian olahraga, pelajaran diawali dan diakhiri dengan doa dan penghormatan kepada guru kelas, keluar masuk kelas harus tertib, dan bagi siswa yang melanggar tata tertib di atas akan dikenakan sanksi. (2) Tata tertib sekolah sangat berperan terhadap prestasi belajar siswa. Pelaksanaan dan pembiasaan mentaati peraturan tata tertib di MI Falahiyyah Sambung Rowosari Tembalang Semarang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu disiplin waktu, disiplin belajar, percaya diri, tanggung jawab. Pembiasaan mematuhi tata tertib di atas tentunya ada hasil yang dicapai sebagai bentuk keberhasilan tata tertib dalam meningkatkan prestasi belajar. Adapun prestasi yang telah dicapai oleh Siswa kelas V MI Falahiyyah Sambung Rowosari Tembalang Semarang adalah prestasi ini dapat ditunjukkan dengan Nilai rata-rata ulangan akhir semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di atas nilai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tata tertib; Sekolah; Prestasi belajar; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 22 May 2021 07:24
Last Modified: 22 May 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics