Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa Kelas II i MIN Krandon Guntur Demak Tahun Pelajaran 2010/2011
Rowiyah, Rowiyah (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa Kelas II i MIN Krandon Guntur Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911299_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (442kB) | Preview
093911299_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
093911299_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
093911299_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
093911299_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
093911299_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
093911299_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Al Quran merupakan program pelajaran yang penting disampaikan pada siswa karena sebagai salah satu dasar membaca dengan benar dan kepribadian peserta didik, sehingga peserta didik mampu dan mengerti tentang dasar-dasar membaca Al Qur’an.
Di MIN Krandon Guntur Demak Tahun Pelajaran 2010/2011 belum semua siswa di madrasah tersebut menguasai cara belajar membaca Al Qur’an dengan baik. Masalah yang dirasakan dalam penelitian ini yaitu tentang penggunaan metode Drill apakah dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan baik dan benar dalam pelajaran Al Qur’an Hadits terutama pada materi membaca Al Qur’an.
Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penggunaan metode Drill dapat meningkatkan Kemampuan membaca pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an setelah penerapan metode Drill mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas II di MIN Krandon Guntur Demak tahun pelajaran 2010/2011.
Hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan pada membaca Al Qur’ dan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist. Keadaan itu sangat baik terlihat adanya peningkatan dari siklus I. Pada siklus II ini nilai rata-rata siswa sebesar 84. Berdasar pada tabel 6 jumlah rata-rata keaktifan siswa sebesar 90% (siswa dikatakan cukup aktif). Pada siklus II keaktifan siswa meningkat sebesar 40% dari siklus I, pada siklus II menjadi, 8 siswa bertanya, 9 siswa menjawab pertanyaan, 15 siswa membaca. Berdasarkan uraian diatas menunjukan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Drill berpengaruh terhadap peningkatan pengusaan materi pembelajaran Al Qur’an Hadits yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar / nilai siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an melalui metode Drill pada MIN Krandon Guntur Demak Tahun Pelajaran 2010/2011 sudah baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur’an; Al-Qur’an Hadits; Metode Pembelajaran; Metode Drill |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 04:59 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 04:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1278 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year