Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Bilangan melalui Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terbimbing (Studi Tindakan pada Kelas II MI Salafiyah Gapuro Warungasem Batan Tahun Pelajaran 2011/2012
Rubai’ah, Rubai’ah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Bilangan melalui Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terbimbing (Studi Tindakan pada Kelas II MI Salafiyah Gapuro Warungasem Batan Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911302_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (308kB) | Preview
093911302_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
093911302_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
093911302_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
093911302_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (83kB) | Preview
093911302_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
093911302_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II MI Salafiyah Gapuro Warungasem Batang pada materi pokok operasi bilangan dalam mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terbimbing.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II MI Salafiyah Gapuro tahun pelajaran 2011/2012. Pada penelitian tindakan kelas dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 ( empat) yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi dan tes. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar peseta didik pada tahun ajaran sebelumnya beserta kendala yang dialami guru. Observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai lokasi, letak gedung, keadaan sarana dan prasarana, keadaan peserta didik. Tes tertulis digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan intelenjensi, bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa terjadi peningkatan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mengenai penjumlahan dengan tehnik satu kali menyimpan mempunyai rata - rata sebesar 56,67 menjandi 67,19 pada siklus 1, pada pengurangan dengan tehnik satu kali meminjam mempunyai rata - rata sebesar 53,89 menjadi 84,38 pada siklus 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Pelajaran Matematika; Small Group Discussion Terbimbing |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:37 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 05:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1280 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year