Pengaruh pendekatan konseling behavioral dengan teknik modeling terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV MI Miftahul Huda Pati tahun 2019/2010

Faizah, Ririn Nur (2020) Pengaruh pendekatan konseling behavioral dengan teknik modeling terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV MI Miftahul Huda Pati tahun 2019/2010. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096002_Ririn Nur Faizah]
Preview
Text (Skripsi_1603096002_Ririn Nur Faizah)
Skripsi_1603096002_Ririn Nur Faizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting diajarkan pada anak sejak dini agar tertanam dalam diri anak sikap atau watak yang baik. Dalam pelaksanaanya, pendidikan karakter khususnya nilai religius tidak hanya dapat diajarkan dalam mata pelajaran, tetapi juga dapat diajarkan melalui program pengembangan diri yang dilakukan di luar jam pelajaran. Seperti halnya yang ada di MI Mazra‟atul Ulum 01 Paciran Kabupaten Lamongan, memiliki kegiatan ekstrakurikuler yasin dan tahlil. Oleh karena itu, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler yasin dan tahlil di MI Mazra‟atul Ulum 01 Paciran Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler yasin dan tahlil di MI Mazra‟atul Ulum 01 Paciran Kabupaten Lamongan dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan yasin tahlil pada umumnya, namun terdapat tambahan rangkaian kegiatan yang mendukung terbentuknya karakter religius. Dengan demikian diperoleh nilai karakter religius seperti berpengetahuan keagamaan,
selalu mengingat Allah, meningkatkan keimanan, semangat beribadah, dan menjaga silaturrahmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rasa percaya diri; Siswa; Konseling behavioral; Karakter Religius; Ekstrakurikuler; Madrasah Ibtidaiyah; Pendidikan Karakter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 24 May 2021 07:31
Last Modified: 24 May 2021 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics