Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap keaktifan belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Qosim Al Hadi Mijen Semarang

Rohman, Muhammad Syaiful (2020) Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap keaktifan belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Qosim Al Hadi Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056047_MUHAMMAD SYAIFUL ROHMAN]
Preview
Text (SKRIPSI_1503056047_MUHAMMAD SYAIFUL ROHMAN)
SKRIPSI_1503056047_MUHAMMAD SYAIFUL ROHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di MTs Qosim Al Hadi Mijen Semarang yaitu pada kelas VII keaktifan belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih lemah. Rata-rata siswa kelas VII masih merasa kesulitan dalam memahami konsep himpunan, banyak siswa kurang bersemangat terlihat pasif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RME dengan pendekatan CTL terhadap keaktifan belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Qosim Al Hadi Mijen Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain Posttest Only Control Designe. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel berjumlah 56 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika dan keaktifan belajar siswa yang rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran RME dengan pendekatan CTL lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional begitupun keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran RME dengan pendekatan CTL juga lebih baik dibandingkan dengan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan RME dengan pendekatan CTL telah mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME dengan pendekatan CTL efektif terhadap keaktifan belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Qosim Al Hadi Mijen Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Keaktifan belajar; Konsep Matematika; Realistic Mathematics Education (RME); Contextual Teaching and Learning (CTL); Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 27 May 2021 08:52
Last Modified: 27 May 2021 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics