Studi komparatif: perbandingan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada relawan organisasi pemerintah dan organisasi non-pemerintah (studi pada relawan RDRM kota semarang & relawan komunitas sahabat mata)

Aji, Wahyu Purnomo (2020) Studi komparatif: perbandingan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada relawan organisasi pemerintah dan organisasi non-pemerintah (studi pada relawan RDRM kota semarang & relawan komunitas sahabat mata). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1507016037_Wahyu Purnomo Aji]
Preview
Text (Skripsi_1507016037_Wahyu Purnomo Aji)
1507016037_Wahyu Purnomo Aji_ Full Skripsi - najwa maulida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (866kB) | Preview

Abstract

Relawan merupakan salah satu sumber daya manusia yang banyak diberdayakan oleh berbagai macam organisasi baik organisasi pemerintah maupun organisasi non-pemerintah. Banyaknya organisasi yang memberdayakan relawan dipengaruhi oleh peranannya yang sangat signifikan dalam membantu kinerja organisasi dan karakteristik relawan yang memiliki kesamaan dengan perilaku organizational citizenship behavior (OCB), sehingga wajar apabila relawan banyak diberdayakan oleh berbagai macam organisasi, instansi, lembaga dan komunitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu perbedaan OCB relawan pada lembaga negeri dan swasta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif, dengan subjek penelitian berjumlah 60 relawan dari Rumah Duta Revolusi Mental Kota Semarang dan Komunitas Sahabat Mata. OCB pada penelitian ini diukur menggunakan skala yang disusun oleh peneliti berdasarkan lima dimensi OCB yang dikemukakan oleh Organ berjumlah 30 aitem dengan nilai reliabilitas α= 0,922 dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar -1,723 dengan probabilitas 0,090 (p> 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan OCB pada relawan Rumah Duta Revolusi Mental Kota Semarang dan relawan Komunitas Sahabat Mata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Relawan; Organizational Citizenship Behavior
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 04:33
Last Modified: 05 Jun 2021 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics