Pengembangan modul fisika kontekstual berpendekatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Semarang
Lathiifah, Annisaaul (2020) Pengembangan modul fisika kontekstual berpendekatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1503066052_Annisaaul Lathiifah_Full Skripsi - Mutakiin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (14MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul fisika kontekstual berpendekatan HOTS pada materi elastisitas, respon peserta didik terhadap modul, serta efektivitas penggunaan modul terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pada pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai pada tahap uji coba lapangan. Instrumen validasi dan instrumen respon peserta didik yang digunakan yaitu berupa skala likert dengan 4 kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul fisika termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini didasarkan pada jumlah rata-rata skor dan persentase kelayakan modul oleh para ahli dengan skor 3,76 dan persentase kelayakan 94,08%. Modul yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil dengan persentase 95% dan pada uji coba lapangan dengan persentase 89%. Berdasarkan perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung=2,886 >t_tabel=0,678 dan memperoleh uji N-gain 0,61. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Kontekstual; High Order Thinking Skills (HOTS); Elastisitas; Berpikir kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hartono Hartono |
Date Deposited: | 29 May 2021 05:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 06:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12883 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year