Pengembangan modul fisika kontekstual berpendekatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Semarang

Lathiifah, Annisaaul (2020) Pengembangan modul fisika kontekstual berpendekatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066052_Annisaul Lathifah_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1503066052_Annisaul Lathifah_Skripsi_Lengkap)
1503066052_Annisaaul Lathiifah_Full Skripsi - Mutakiin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul fisika kontekstual berpendekatan HOTS pada materi elastisitas, respon peserta didik terhadap modul, serta efektivitas penggunaan modul terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pada pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai pada tahap uji coba lapangan. Instrumen validasi dan instrumen respon peserta didik yang digunakan yaitu berupa skala likert dengan 4 kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul fisika termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini didasarkan pada jumlah rata-rata skor dan persentase kelayakan modul oleh para ahli dengan skor 3,76 dan persentase kelayakan 94,08%. Modul yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil dengan persentase 95% dan pada uji coba lapangan dengan persentase 89%. Berdasarkan perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung=2,886 >t_tabel=0,678 dan memperoleh uji N-gain 0,61. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Kontekstual; High Order Thinking Skills (HOTS); Elastisitas; Berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 05:15
Last Modified: 18 Nov 2021 06:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics