Four-tier multiple choice test bercirikan nilai-nilai kearifan lokal untuk menganalisis critical thinking skill peserta didik kelas x pada materi momentum dan impuls

Ni'mah, Zuafatun (2020) Four-tier multiple choice test bercirikan nilai-nilai kearifan lokal untuk menganalisis critical thinking skill peserta didik kelas x pada materi momentum dan impuls. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1608066021_ZUAFATUN NI'MAH_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1608066021_ZUAFATUN NI'MAH_Skripsi_Lengkap)
1608066021_Zuafatun Ni_mah_Full Skripsi - Zuafatun Ni_mah.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen four-tier multiple choice test bercirikan nilai-nilai kearifan lokal untuk mendiskripsikan karakteristik instrumen, mengetahui kevalidan dan reliabilitas instrumen, mengetahui karakteristik butir soal, dan menganalisis critical thinking skill peserta didik kelas X pada materi Momentum dan Impuls. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen soal four-tier multiple choice test terdiri atas empat tingkatan, yaitu: pertanyaan dengan lima pilihan jawaban, tingkat keyakinan jawaban, alasan dengan empat pilihan dan satu alasan terbuka, dan tingkat keyakinan alasan. Hasil pengujian validitas oleh validator ahli menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid. Hasil pengujian reliabilitas diperoleh hasil sebesar 0,946 yang menunjukkan bahwa instrumen soal reliabel. Hasil pengujian tingkat kesukaran memperoleh hasil 14 soal dengan kategori sedang dan 7 soal dengan kategori sukar. Daya beda 21 butir soal memiliki indeks daya beda dari 0,22 sampai 0,53 dengan kategori cukup baik, baik, dan sangat baik. Critical thinking skill peserta didik secara keseluruhan berada pada kategori sangat kritis sebesar 11,93%, kategori kritis sebesar 5,93%, kategori kurang kritis tipe 1A (KK1A) sebesar 12,2%, kategori kurang kritis tipe 1B (KK1B) sebesar 10,87%, kategori kurang kritis tipe 2A (KK2A) sebesar 8,56%, kategori kurang kritis tipe 2B (KK2B) sebesar 9%, dan kategori tidak kritis sebesar 41,36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen Four-Tier Multiple Choice Test; Kearifan Lokal; Critical Thinking Skill; Momentum dan Impuls
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 05:57
Last Modified: 20 Nov 2021 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics