Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA Ma’arif NU 04 Kangkung

Ardianti, Luli (2020) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA Ma’arif NU 04 Kangkung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036055_Luli ardianti_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1503036055_Luli ardianti_lengkap)
1503036055_Luli Ardianti_Full Skripsi - Luli Ardianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan Kepala Sekolah Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidikan. Dengan demikian, sebagai pemimpin di sekolah kepala sekolah hendaknya selalu mendorong tenaga kependidikan yang ada agar terus meningkatkan kinerjanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kinerja tenaga kependidikan di SMA Ma’arif NU 04 Kangkung 2) Bagaimana kepemimpinan kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMA ‘ Maarif NU 04 Kangkung.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, triagulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada kajian kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan ini, menunjukan bahwa: (1) Kinerja tenaga kependidikan di SMA Ma’arif NU 04 Kangkung sudah cukup baik, dimana TU maupun Pustakawan di SMA Ma’arif 04 Kangkung sudah memberikan pelayanan yang baik serta selalu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan. (2) Dalam menjalankan kepemimpinannya kepala sekolah di SMA Ma’arif NU 04 Kangkung sudah baik, dimana beliau selalu memotivasi, mengikutsertakan tenaga pendidikan dalam kegiatan pelatihan serta, melakukan pengawasan kepada tenaga kependidikan hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yang ada.
saran yang dikemukakan antara lain: Kepala sekolah hendaknya mendorong tenaga kependidikan untuk melanjutkan studinya, Dalam menjalankan kepemimpinannya hendaknya kepala sekolah selalu memotivasi tenaga kependidikan agar mempunyai kinerja yang baikUntuk meningkatkan pemahaman tenaga kependidikan terhadap tugas dan tanggung jawab pekerjaan nya dibutuhkan pengarahan secara rutin kepada pegawai yang menyangkut tugas pokok dan fungsi pegawai masing-masing. Dalam hal pemberian Reward kepada guru, tenaga kependidikan, dan pegawai yang berkompeten atas pencapaian kinerjanya untuk lebih diperhatikan lagi sehingga dapat menunjang kepuasan kerja pegawai itu sendiri. Untuk disiplin kerja pada indikator frekuensi keterlambatan masuk sekolah, telat mengikuti apel , sering ijin meninggalkan sekolah tanpa alasan yang jelas perlu diberikan sanksi yang tegas dari pemimpin kepada pegawai yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kinerja; Tenaga kependidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 06:37
Last Modified: 29 May 2021 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics