Upaya meningkatkan lima aspek perkembangan anak usia dini 5 – 6 tahun melalui kegiatan bermain melempar dan menangkap bola di RA Al - Hidayah, Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal pada tahun 2019 / 2020

Kurniasari, Venna (2020) Upaya meningkatkan lima aspek perkembangan anak usia dini 5 – 6 tahun melalui kegiatan bermain melempar dan menangkap bola di RA Al - Hidayah, Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal pada tahun 2019 / 2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1603106008_Venna Kurniasari]
Preview
Text (Skripsi_1603106008_Venna Kurniasari)
1603106008_Venna Kurniasari_Full Skripsi - Venna Kurniasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia anak adalah dunia bermain, jadi sudah selayaknya pembelajaran di kelola dengan cara bermain. Bermain adalah aktivitas yang membuat hati seorang anak menjadi senang, nyaman, dan bersemangat. Bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar anak sebagai bentuk kegiatan belajar bagi mereka, bermain tidak hanya melatih motorik kasar saja namun dengan bermain juga dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : Bagaimana Upaya Meningkatkan Lima Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Bermain Melempar Dan Menangkap Bola Di RA AL – Hidayah, Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal Pada Tahun 2019 / 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada anak kelompok B2 RA AL – Hidayah, Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 20 anak.
Berdasarkan observasi lima aspek perkembangan anak usia dini Keberhasilan penelitian ini dapat di lihat berdasarkan hasil data observasi dan dokumentasi yang di peroleh pada setiap siklusnya. Berdasarkan data yang telah diperoleh diatas dapat di lihat bahwa perkembangan anak usia dini pada aspek Moral Siklus I mencapai 4% anak berkembang sangat baik, dan Siklus II mencapai 55 % anak berkembang sangat baik. Pada aspek Sosial Siklus I mencapai 2% anak berkembang sangat baik, dan Siklus II mencapai 68% anak berkembang sangat baik. Pada aspek FisikMotorik Siklus I mencapai 27% anak berkembang sangat baik, dan Siklus II mencapai 86% anak berkembang sangat baik. Pada aspek Kognitif Siklus I mencapai 23% anak berkembang sangat baik dan Siklus II mencapai 73% anak berkembang sangat baik. Pada aspek Siklus I 6% anak berkembang sangat baik, dan Siklus II 57% anak berkembang sangat baik.
Dari hasil data yang di sajikan terlihat jumlah rata – rata nilai anak dari siklus I dan siklus II terlihat sama yakni 25 % di karenakan pada pelaksanaan siklus ke dua ada beberapa anak yang tidak hadir dikarenakan izin dan sakit. Berdasarkan pada hasil observasi dan refleksi yang dilakukan sebelum tindakan dan selama tindakan siklus I dan siklus II, di peroleh peningkatan tertinggi pada aspek FisikMotorik pada Prasiklus 21%, Siklus I 27%, dan Siklus II 86%, di karenakan sebelum penelitian anak – anak bermain melempar dan menangkap bola hanya pada saat istirahat dan tanpa pengawasan dari guru, setelah di laksanakannya penelitian anak – anak sangat berantusias dan bersemangat dalam bermain melempar dan menangkap bola, dalam permainan ini anak – anak di arahkan bagaimana cara melempar dan menangkap bola dengan baik dan tepat. Dan perolehan terendah pada aspek Moral pada Prasiklus tidak terdapat anak yang berkembang sangat baik, Siklus I 4% , dan siklus II 55%, dikarenakan pada saat kegitan bermain berlangsung banyak anak – anak yang kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan dan ada beberapa anak yang bermain sesuai dengan keinginannya sendiri dan tidak mengikuti aturan dalam permainan. Dengan demikian menunjukkan bahwa peneliti dapat meningkatkan lima aspek perkembangan anak usia dini melalui kegiatan bermain melempar dan menangkap bola

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkembangan anak usia dini; Pola bermain
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 07:18
Last Modified: 29 May 2021 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics