Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak

Dzaky, Ahmad Naasyith (2020) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036119_Ahmad Nassyith Dzaky_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603036119_Ahmad Nassyith Dzaky_lengkap)
1603036119_Ahmad Naasyith Dzaky_Full Skripsi - Ahmad Naasyith.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepala Sekolah merupakan seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1) Apa pengertian Madrasah Aliyah (MA), Unsur atau komponen, dan karakteristiknya?, 2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak?, 3) Apa faktor pendukung danpenghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa: 1) Pengertian Madrasah Aliyah (MA) adalah jenjang Pendidikan menengah pada Pendidikan formal di Indonesia yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), Pengelolaannya dilakukan oleh Kementrian Agama, Jenjang kelas dalam waktu tempuh Madrasah Aliyah (MA) sama seperti Sekolah Menengah Atas (SMA). 2) peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru ada enam indicator yaitu kepala sekolah sebagai pendidik, kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai lider, dan kepala sekolah sebagai motivator. 3) faktor pendukung yaitu dari semua pihak baik dari tenaga kerja, siswa, murid, wali murid, staff yang ada di sekolah, dan juga masyarakat sekitar. Faktor penghambat yaitu ada beberapa peserta didik yang kesulitan untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas, selain itu kurangnya perhatian guru terhadap perkembangan peserta didik satu persatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran kepala sekolah; Mutu guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:05
Last Modified: 03 Jun 2021 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics