Pengaruh pengunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 / 2020
Shofiyana, Shofiyana (2020) Pengaruh pengunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 / 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1603106064_Shofiyana_Full Skripsi - shofiyana -.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an Kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik seluruh Kelompok B yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah total siswa 51 orang, kelas Al-Falq berjumlah 17 orang, kelas Al-Fajr berjumlah 16 orang dan kelas Al-Lail berjumlah 18 orang. Karena semua kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen, untuk itu teknis analisis data pretest dan postest peneliti menggunakan uji normalita, uji homogenitas, uji paired sampel T-test, dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 90 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 59. Selanjutnya pada uji pretest dan posttest dengan Paired Sampel T-test 0,000 < 0,05, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Sedangkan presentasenya menggunakan uji Regresi Linier Sederhana 20,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 79.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode iqro’; Kemampuan anak usia dini; Al-Qur’an |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 04:37 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 02:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12969 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year