Pengaruh pengunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 / 2020

Shofiyana, Shofiyana (2020) Pengaruh pengunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 / 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106064_Shifiyana_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603106064_Shifiyana_lengkap)
1603106064_Shofiyana_Full Skripsi - shofiyana -.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Iqro’ terhadap kemampuan anak usia dini dalam membaca Al-Qur’an Kelompok B RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik seluruh Kelompok B yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah total siswa 51 orang, kelas Al-Falq berjumlah 17 orang, kelas Al-Fajr berjumlah 16 orang dan kelas Al-Lail berjumlah 18 orang. Karena semua kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen, untuk itu teknis analisis data pretest dan postest peneliti menggunakan uji normalita, uji homogenitas, uji paired sampel T-test, dan uji regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 90 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 59. Selanjutnya pada uji pretest dan posttest dengan Paired Sampel T-test 0,000 < 0,05, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Sedangkan presentasenya menggunakan uji Regresi Linier Sederhana 20,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 79.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode iqro’; Kemampuan anak usia dini; Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:37
Last Modified: 28 Jul 2021 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12969

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics