Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII M.Ts. Aswaja Bumijawa Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Rahayu, Wiwit Fitri (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII M.Ts. Aswaja Bumijawa Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
0831111079_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
0831111079_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
0831111079_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (153kB) | Preview
0831111079_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (72kB) | Preview
0831111079_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (388kB) | Preview
0831111079_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
0831111079_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII ? (2) adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VII ? (3) adakah pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII M.Ts. Aswaja Bumijawa Tegal Tahun pelajaran 2011/2012?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey, dengan subyek penelitian sebanyak 42 responden siswa kelas VIII M.Ts. Aswaja Bumijawa Tegal, menggunakan teknik Random Sampling. Adapun untuk pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dan analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan dengan taraf signifikan 5% dk pembilang 1dan dk penyebut = N – 2 = 40 di peroleh sebesar 4,08 sedang sebesar 13,426. Jika dibandingkan keduanya = 13,426 > (0,05 ; 1,40) = 4,08. Kemudian pada taraf signifikan 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 40 diperoleh sebesar 7,31 sedang sebesar 13,426. Jika dibandingkan keduanya = 13,426 > (0,01 ; 1,40) = 7,31. Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII, dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 40 di peroleh sebesar 4,08 sedang sebesar 10,515. Jika dibandingkan keduanya = 10,515 > (0,05 ; 1,40) = 4,08. Kemudian pada taraf signifikan 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 40 diperoleh sebesar 7,31 sedang sebesar 10,515. Jika dibandingkan keduanya = 10,515 > (0,01 ; 1,40) = 7,31. Terdapat pengaruh secara bersama antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII, dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 2 dan dk penyebut = N – 2 – 1 = 39 di peroleh sebesar 3,23 sedang sebesar 9,346. Jika dibandingkan keduanya = 9,346 > (0,05 ; 2,39) = 3,23. Kemudian pada taraf signifikan 1% dk pembilang 2 dan dk penyebut = N – 2 – 1 = 39 diperoleh sebesar 5,18 sedang sebesar 9,346. Jika dibandingkan keduanya = 9,346 > (0,01 ; 2,39) = 5,18.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih pada taraf signifikansi 0, 01 dan 0, 05 keduanya menunjukkan signifikan, berarti variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs Aswaja Bumijawa Tegal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Kepribadian Guru; Pelajaran Fiqih; Motivasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 06:05 |
Last Modified: | 09 Jan 2014 06:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year