Pola peningkatan kecerdasan visual spasial anak di RA IT Nurul Islam Kec. Ngaliyan Kab. Semarang tahun pelajaran 2019/2020

Barokah, Siti (2020) Pola peningkatan kecerdasan visual spasial anak di RA IT Nurul Islam Kec. Ngaliyan Kab. Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106056_siti barokah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603106056_siti barokah_lengkap)
1603106056_SITI BAROKAH_LENGKAP TUGAS AKHIR - siti barokah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di tengah beragam altematif Pendidikan Raudatul Athfal/Taman Kanak- Kanak, pada dasarnya tujuan Pendidikan Raudatul Athfal/Taman Kanak-Kanak adalah membantu peserta didik mengembangkan berbagai kemampuan atau kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak baik psikis maupun fisik, yang biasa disebut “Multiple Intelegences”. Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu kecerdasan majemuk yang memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berpikir melalui gambar
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pola Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak di RA IT Nurul Islam Kec. Ngaliyan, Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 sedangkan tujuannya adalah: Untuk mengetahui pola peningkatan kecerdasan visual spasial anak di RA IT Nurul Islam Kec. Ngaliyan, Semarang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, metode deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pola Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak di RA IT Nurul Islam Kec. Ngaliyan, Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Kecerdasan Visual Spasial Anak di RA IT Nurul Islam melalui pola 4P yaitu pengenalan, pengembangan kemampuan menggambar, penajaman, pengembangan Imaginasi.
1. Pengenalan visual spasial misalnya dilakukan dengan bermain grafik dan menggambar denah, pengenalan, dan pemaduan warna dilakukan dengan kartu warna, mewarnai, dan cipta warna.
2. Pengembangan kemampuan menggambar dilakukan dengan melukis dengan figer painting, melengkapi gambar objek, dan gambar ukir.
3. Penajaman kemampuan visual dirangsang dengan latihan observasi, teropong kertas, atau kaca pembesar.
Pengembangan imajinasi dirangsang dengan kegiatan melihat dan terpejam, dan menebak bayangan, tetapi secara keseluruhan anak masih kurang dalam melaksankan nya, namun secara keseluruhan anak masih kesulitan dalam mengenal hal-hal diatas, sehingga masih sangat perlu dibantu oleh pengawasan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola peningkatan; Kecerdasan visual spasial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:37
Last Modified: 05 Jul 2021 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics