Pengembangan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun pada sentra balok di RA Al Hidayah IAIN Walisongo Margoyoso 3 Ngaliyan Semarang tahun 2019/2020

Citrasari, Putri Ayu (2020) Pengembangan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun pada sentra balok di RA Al Hidayah IAIN Walisongo Margoyoso 3 Ngaliyan Semarang tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106053_Putri ayu citrasari_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603106053_Putri ayu citrasari_lengkap)
1603106053_PUTRI AYU CITRASARI_FULL SKRIPSI - Putriayu Citrasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di RA Al Hidayah IAIN Walisongo Margoyoso 3 Ngaliyan Semarang, penelitian di ambil di RA tersebut karena terdapat pembelajaran sentra balok yang dirasa dapat mengembangkan kreativitas pada anak usia dini khusunya anak yang berusia 5-6 tahun. Diharapkan penelitian ini mampu meningkaktkan kemampuan berfikir anak usia dini serta mengembangkan seluruh aspek yang yang dimiliki oleh anak.
Penelitian ini dimaksudkan menjadi fokus permasalahan yaitu : Bagaimana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini 5-6 Tahun pada Sentra Balok di Ra Al Hidayah IAIN Walisongo Margoyoso 3 Ngaliyan Semarang Tahun 2019/2020?
Pengembangan kreativitas pada anak usia dini sangatlah penting bagi perkembangan kognitif anak, selain mengembangkan aspek kognitif anak juga mengembangkan aspek fisik motorik anak usia dini. Dalam mengembangkan kreativitas yang dimilki anak, maka perlu adanya model pebelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas anak, misla melalui metode pembelajaran sentra balok. Dengan balok anak mampu mengenal tentang bentuk, ukuran, warna, bahkan tekstur balok tersebut yang memungkinkan anak akan bereksplorasi, berimajinasi untuk menghasilkan karya dari balok tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun khusunya kelas B2 RA Al Hidayah IAIN Walisongo sudah sesuai harapan. Anak sudah mampu mengembangkan aspek kognitif, dari enam tingkat pencapaian perkembangan anak hampir keseluruhan sudah dikembangkan oleh anak. Dalam hal ini yang paling menonjol yaitu perkembangan anak mampu mencocokkan bentuk segitiga, persegi panjang, waji, dalain sebagainya. Sedangkan yang belum menonjol yaitu anak belum mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan pengalaman dalam konteks yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kreativitas; Pendidikan anak usia dini; Sentra balok
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:46
Last Modified: 05 Jul 2021 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12973

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics