Metode pendidikan seks secara islami oleh orang tua pada anak usia dini dalam masyarakat agraris di Desa Kedungmlyo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati

Desriani, Desriani (2020) Metode pendidikan seks secara islami oleh orang tua pada anak usia dini dalam masyarakat agraris di Desa Kedungmlyo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106035_Desriani_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603106035_Desriani_lengkap)
1603106035_Desriani_lengkap - Desriani Rani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan orangtua akan pendidikan seksual untuk anak usia dini, masih banyak orangtua yang belum mengajarkan pendidikan seks kepada anak usia dini, dan banyak orangtua yang tabu akan pendidikan seks di desa Kedungmulyo kecamatan Jakenan kabupaten Pati. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana metode orangtua dalam memberikan pendidikan seks pada anak usia dini dalam masyarakat agraris di desa Kedungmulyo kecamatan Jakenan kabupaten Pati. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah dan penelitian.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subyek penelitian yaitu orangtua di desa Kedungmulyo kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan triangulasi sumber, metode dan waktu. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa,1). orangtua sudah mengajarkan anak tentang dasar – dasar dari pendidikan seks untuk anak usia dini itu sendiri. Seperti melatih anak untuk menutup auratnya sejak usia dini, menyebutkan nama alat kelamin sesuai dengan namanya, mengajarkan anak untuk membersihkan alat kelaminnya dan mengajarkan rasa malu sejak anak usia dini. 2). Orangtua masih tabu untuk penyebutan alat kelamin sesuai dengan namanya, 3) Para orangtua belum pernah mendengar tentang pendidikan seks untuk anak usia dini, di sekolah anak pun belum pernah ada parenting tentang pendidikan seks untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seks; Anak usia dini; Masyarakat agraris
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2021 01:55
Last Modified: 28 Jul 2021 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics