Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif melalui ermainan magic puffer ball di TK Talenta Semarang

Sa’adah, Nilatus (2020) Penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif melalui ermainan magic puffer ball di TK Talenta Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Nilatus Sa'adah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_Nilatus Sa'adah_lengkap)
1603106037_Nilatus Sa_adah_Skripsi Full - Nilatus Sa_adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat konsentrasi anak hiperaktif, ciri-cirinya adalah tidak bisa diam terlalu lama ketika dalam pembelajaran, tidak dapat fokus ketika sedang diajak bicara. Permainan Magic Puffer Ball adalah permainan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan mengasah kreativitas anak dengan pembelajaran STEAM. Penelitian ini dilakukan di TK Talenta Semarang dengan Rumusan Masalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran STEAM di Tk Talenta Semarang ?, 2) Bagaimana meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif melalui permainan Magic Puffer Ball dan Loose Parts dengan Pembelajaran STEAM di TK Talenta Semarang ?. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung untuk mendapatkan data yang konkrit di TK Talenta Semarang. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana hasil penelitiannya mendeskripsikan atau mengambarkan dengan kata-kata. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari rumusan masalah diatas dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran STEAM di TK Talenta Semarang sudah baik dari tahap pelaksanaannya sesuai dengan penerapan STEAM pada anak usia dini meliputi: questioning, exploring and observing, developing skills and processes Dengan adanya penerapan ini, anak-anak bebas berimajinasi dan berkreativitas sesuai dengan kemampuan dan perkembanganya. 2) Permainan Magic Puffer Ball dan Loose Parts dengan pembelajaran STEAM dapat meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif. Hasil observasi atau pengamatan anak dapat duduk diam kurang lebih 1 jam dalam menyelesaikan permainannya, yang tadinya kira-kira dapat duduk diam kurang lebih 20 menit. selain itu dapat membedakan dan mengelompokkan warna yang sama dari permainan Magic Puffer Ball. Dari permainan Magic Puffer Ball dan Loose Parts anak dapat memadukan lima kompetensi sekaligus dengan tuntas dan holistik dengan kata STEAM

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STEAM; Konsentrasi anak hiperaktif; Permainan magic puffer ball
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:12
Last Modified: 05 Jun 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics