Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Penggunaan Media Audio-Visual Siswa Kelas V SDN 2 Jomblang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Kusni, Kusni (2012) Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Penggunaan Media Audio-Visual Siswa Kelas V SDN 2 Jomblang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Kusni_Tesis_Sinopsis.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran menggunakan media mempunyai peranan penting untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar. Media memiliki peran penting dalam proses pembelajaran karena menjadi lebih bervariasi sehingga proses belajar siswa menjadi menarik, aktif, dan kreatif. Kemajuan teknologi dan informasi memungkinkan guru memilih berbagai media yang mendukung penyampaian materi, sehingga tujuan pembelajaran mudah dalam pencapaiannya. Upaya meningkatkan prestasi dan motivasi dapat dicapai dengan menerapkan media audio visual. Media ini dapat menumbuhkan motivasi karena disajikan dalam bentuk yang menarik, sehingga siswa lebih bersemangat, tertarik, dan senang menerima pelajaran. Belajar yang dilakukan dengan rasa senang dan menarik pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan media audio visual, motivasi belajar dan prestasi belajar anak dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media audio visual, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulanJanuari sampai Februati 2012 bertempat di Sekolah Dasar Negeri 2 Jomblang Kecamatan Jomblang Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus dengan prosedur rencana tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Analisis data dengan deskriptif persentase, sedangkan uji hipotesis menggunana analisis Manova.
Hasil penelitian; (a) ada pengaruh penggunaan media terhadap motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual berbeda dengan yang tidak menggunakan media, (b) ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, (c) ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Negeri Jomblang Jepon kabupaten Blora. Peningkatan motivasi belajar diikuti peningkatan prestasi belajar. Media audio visual bagi siswa sangat menarik, karena dikemas dalam tampilan yang memudahkan siswa untuk menguasai materi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Media Pembelajaran, Media Audio-Visual, Pendidikan Agama Islam, Islamic Education, Learning Motivation, Learning Media |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 09:09 |
Last Modified: | 03 Sep 2013 09:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year