Pengaruh variasi penataan tempat duduk terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas V di MI Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati tahun ajaran 2019/2020

Nihar, Richa Zahrotun (2020) Pengaruh variasi penataan tempat duduk terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas V di MI Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096051_Richa_Zahrotun_Nihar]
Preview
Text (Skripsi_1603096051_Richa_Zahrotun_Nihar)
Skripsi_1603096051_Richa Zahrotun Nihar.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penataan tempat duduk siswa yang monoton atau tidak bervariasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variasi penataan tempat duduk terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V MI Natijatul Islam Sumberejo Jaken. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V A yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi dan angket. Analisis data yang untuk pengaruh 2 variabel yaitu Independent Sample T-Ttest. Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh 2 variabel diperoleh nilai signifikan 0,048 < 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variasi penataan tempat duduk berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penataan Tempat Duduk; Motivasi belajar; Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:52
Last Modified: 07 Jun 2021 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics