Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantu media scrapbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI MI Al Khoiriyyah 2 Semarang

Cholifatun N, Ichwanul (2020) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantu media scrapbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096059_Ichwanul_Cholifatun_N]
Preview
Text (Skripsi_1603096059_Ichwanul_Cholifatun_N)
Skripsi_1603096059_Ichwanul Cholifatun N.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan media yang jarang diterapkan dalam pembelajaran juga para guru dan siswa di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang yang belum pernah mengenal scrapbook sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantu media scrapbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experimental design dengan bentuk non-equivalen control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIA yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIB yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang untuk pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi.
Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh 2 variabel diperoleh rbis (0,6859) ≥ rtabel (0,31) untuk taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima, memiliki pengaruh sebesar 47,61%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantu media scrapbook berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan memberikan kontribusi sebesar 47,61% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Learning cycle 5E; Media scrapbook; Berpikir kritis; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:56
Last Modified: 07 Jun 2021 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics