Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020

Wulandari, Elita Dwi (2020) Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096064_Elita_Dwi_Wulandari]
Preview
Text (Skripsi_1603096064_Elita_Dwi_Wulandari)
Skripsi_1603096064_Elita Dwi Wulandari.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari guru yang sering kali menggunkan metode dan model konvensional dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri kota Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desai Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas VA yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan angket. Analisis data mengunakan hipotesis Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil output diperoleh nilai signifikasi 0,049 < 0,05. Ho ditilak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran think pair share berbantu media miniatur berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelaran; Think Pair Share; Motivasi belajar; Media pembelajaran; Media Miniatur; Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:03
Last Modified: 09 Jun 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13017

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics