Hubungan antara intensitas program pojok baca dengan minat baca siswa kelas Va di MI Nashrul Fajar Tembalang Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020

Fitriani, Ayu (2020) Hubungan antara intensitas program pojok baca dengan minat baca siswa kelas Va di MI Nashrul Fajar Tembalang Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096094_Ayu_Fitriani]
Preview
Text (Skripsi_1603096094_Ayu_Fitriani)
Skripsi_1603096094_Ayu Fitriani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara intensitas program pojok dengan minat baca siswa kelas VA di MI Nashrul Fajar Tembalang Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal (sebab-akibat) yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel inidependen (bebas) terhadap variabel dependen (terikat). Data dikumpulkan dari populasi yaitu 35 siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui adanya hubungan antara intensitas program pojok baca dengan minat baca siswa kelas VA di MI Nashrul Fajar Tembalang Kota Semarang.
Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas program pojok baca dengan minat baca siswa kelas VA di MI Nashrul Fajar Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Dari uji korelasi product moment diketahui bahwa rhitung = 0,790 > rtabel dengan taraf signifikansi 0,334. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel memiliki korelasi, karena rhitung > rtabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa intensitas program pojok baca mempunyai hubungan yang positif dengan minat baca siswa kelas VA di MI Nashrul Fajar Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi seluruh warga sekolah bahwa dengan adanya program pojok baca sangat penting dan berhubungan positif terhadap minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pojok Baca; Minat Baca; Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:10
Last Modified: 11 Jun 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics