Pengaruh penerapan metode C3T berbantu media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Islam Nurul Qur’an Genuk Semarang tahun ajaran 2019-2020
Fadhli, Muhammad Hasan (2020) Pengaruh penerapan metode C3T berbantu media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Islam Nurul Qur’an Genuk Semarang tahun ajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503096077_M. Hasan Fadhli.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode C3T berbantu media gambar terhadap hasil belajar ips siswa kelas III SD Islam Nurul Qur’an Genuk Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain (True experimental research(. Pada penelitian eksperimen peneliti membagi kelas menjadi duakelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontro. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil post-test yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,00. Sementara nilai rata-rata nilai eksperimen adalah 76,00. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 2,708 dan t_tabel= t_((0,05)(48)) = 1,677. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode C3T dengan berbantu media gambar dibandingkan peserta didik yang menggunakan metode ceramah.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; C3T; Media pembelajaran; Gambar; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Affa Ardhi Saputri |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 02:34 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 02:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13049 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year