Agustantri, Fara Dea (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan yang ditinjau dalam pandangan ekonomi Islam pada PT. Sinar Jasa Teknik Industri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026157_Fara Dea Agustantri_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605026157_Fara Dea Agustantri_lengkap)
1605026157_Fara Dea Agustantri_Full Skripsi - Fara Dea Agustantri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah disiplin kerja karyawan sebagai factor penting dalam perilaku maupun sikap karyawan yang disertai dengan kesadaran, ketulusan, dan keiklhlasan dalam rangka professional dan kontrak kerja untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan. PT. Sinar Jasa Teknik Industri adalah perusahaan pekerjaan jasa industri dan rental alat berat.. Berdasarkan hasil observasi bahwa tingkat disiplin kerja karyawan PT. Sinar Jasa Teknik Industri masih sulit untuk diwujudkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh factor tujuan dan kemampuan, teladan pimpinan, kompensasi, lingkungan kerja, dan pengawasan terhadap disiplin kerja karyawan yang ditinjau dalam pandangan ekonomi Islam pada PT. Sinar Jasa Teknik Industri.
Metode penelitian adalah kuantitaf. Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 62 responden dari karyawan divisi konstruksi dan divisi alat berat PT. Sinar Jasa Teknik Industri. Teknik pengumpulan data dengan metode kuisioner yang disebar kepada responden PT. Sinar Jasa Teknik Industri .
Analisis pengolahan data penelitian dengan SPSS 16. Analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Tujuan dan Kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan; Teladan Pimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan; Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan; Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan; Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan R square berpengaruh sebesar 52,8%, sedangkan 47,2% dipengaruhi oleh factor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disiplin kerja; Karyawan; Teladan pimpinan; Kompensasi; Lingkungan kerja; Pengawasan; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:45
Last Modified: 03 Jul 2021 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics