Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan pemahaman konsep siswa pada materi bentuk Aljabar kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an

Yulianti, Linda (2021) Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan pemahaman konsep siswa pada materi bentuk Aljabar kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056088_Linda Yulianti_Lengkap] Text (Skripsi_1708056088_Linda Yulianti_Lengkap)
1708056088_Linda Yulianti_Lengkap Tugas Akhir - Linda Yulianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, diperoleh kelas VII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VII K sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t untuk tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian untuk angket kreativitas diperoleh t_hitung=8,365 dan rata-rata kemampuan pemahaman konsep diperoleh t_hitung=11,516, dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=2,001. Maka masing-masing nilai t_hitung>t_tabel. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Project Based Learning didesain untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menemukan pemahaman secara mandiri dengan kegiatan proyek melalui interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Project based learning; Kreativitas; Pemahaman konsep; Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Aug 2022 13:49
Last Modified: 26 Oct 2022 10:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13430

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics