Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematik budaya Demak terhadap kemampuan penalaran matematis dan minat belajar siswa

Alwi, Mohamad Izzat (2020) Efektivitas model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematik budaya Demak terhadap kemampuan penalaran matematis dan minat belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403056105_MOHAMAD IZZAT ALWI] Text (SKRIPSI_1403056105_MOHAMAD IZZAT ALWI)
SKRIPSI_1403056105_MOHAMAD IZZAT ALWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi di kelas VIII MTs Al Mubarok Margolinduk Bonang Demak, yaitu peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, merumuskan masalah, dan menerapkan metode yang tepat dalam penyelesaian masalah persamaan linier dua variabel. Permasalahan tersebut berawal dari model pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru sehingga menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan guru, tidak berminat belajar, serta kurangnya kemampuan penalaran matematis peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematik Budaya Demak terhadap kemampuan penalaran matematis dan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Al Mubarok Margolinduk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan teknik analisis uji-t. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, tes, dan angket minat belajar peserta didik.
Data awal yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai pretest. Melalui data tersebut kemudian dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Setelah diketahui bahwa nilai pretest tersebut normal, homogeny, dan tidak memiliki perbedaan rata-rata, kemudian dipilihlah salah satu kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga terpilihlah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen.
Pembelejaran dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematik Budaya Demak efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan minat belajar peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan rata-rata nilai akhir kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematik budaya Demak yaitu 71,57, lebih tinggi daripada rata-rata nila akhir kemampuan penalaran matematis kelas kontrol yaitu 63,60. Dari uji perbedaan rata-rata diperoleh bahwa t_hit = 2,114. Karena t_hit>t_tabel dengan t_tabel=1,68288 pada taraf signifikansi 5%, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Selanjutnya rata-rata nilai akhir minat belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematik budaya Demak yaitu 69,48, lebih tinggi daripada rata-rata nila akhir minat belajar kelas kontrol yaitu 64,30
Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematik Budaya Demak efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan minat belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTs Al Mubarok tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Kemampuan penalaran matematis; Model pembelajaran; Realistic Mathematics Education (RME); Etnomatematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:58
Last Modified: 18 Nov 2021 05:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13454

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics