Efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Tsaqib, Annajmuts (2020) Efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056007_Annajmuts Tsaqib] Text (SKRIPSI_1503056007_Annajmuts Tsaqib)
SKRIPSI_1503056007_Annajmuts Tsaqib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran problem solving efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian eksperimental ini menggunakan Quasy Experiment atau eksperimen semu. Seluruh siswa kelas X MIA MA Tajul Ulum sebagai populasi sekaligus sebagai sampel dengan teknik non probability sampling jenis total sampling atau sampling jenuh. Kemudian semua kelas populasi diberikan tes pemecahan masalah sebagai tes tahap awal pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak semester ganjil pada kelas X MIA yang hasilnya kedua kelas populasi memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang sama, kemudian diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran problem solving dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem solving lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah materi persamaan linear tiga variabel (SPLTV) kelas X di MA Tajul Ulum Brabo tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem solving; Pemecahan masalah; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:18
Last Modified: 18 Nov 2021 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13456

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics