Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan tiang gradien terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2019/2020

Maghfiroh, Anif (2021) Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbantuan tiang gradien terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056011_Anif Maghfiroh] Text (SKRIPSI_1503056011_Anif Maghfiroh)
SKRIPSI_1503056011_Anif Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik MTs. Darul Ulum kelas VIII. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII MTs. Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain pretest-posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini semua peserta didik kelas VIII. Teknik pengambilan sampel ini yaitu cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi,wawancara, dan tes. Sampel data adalah kelas VIII A (kontrol) dan VIII B (eksperimen). Data yang terkumpul dianalisis dengan uji perbedaan rata rata yaitu analisis uji t test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran DL adalah 64,048, sedangkan ratarata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran konvensional adalah 44,495.
Dari kedua rata-rata kemampuan pemecahan masalah tersebut dilakukan uji perbedaan ratarata dengan taraf signifikan 5% dan dk = (n_1+n_2-2)=25+25-2=48. Karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran Discovery Learning dan kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran konvensioanal. Oleh karena itu dapat dinyatakan model Disvovery Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII MTs. Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan pemecahan masalah; Discovery learning; Persamaan garis lurus; Media pembelajaran; Tiang gradien
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:54
Last Modified: 10 Nov 2021 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics