Analisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari perbedaan gender peserta didik pada materi bilangan kelas VII Mts NU Salatiga

Rusydiana, Ana (2020) Analisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari perbedaan gender peserta didik pada materi bilangan kelas VII Mts NU Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056024_Ana Rusydiana] Text (SKRIPSI_1503056024_Ana Rusydiana)
SKRIPSI_1503056024_Ana Rusydiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII A MTs NU Salatiga yaitu peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari gender. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dibantu dengan tes kemampuan koneksi matematis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Triangulasi (tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi). Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam peserta didik yang mewakili setiap kategori kemampuan atas, tengah dan bawah. Terdapat empat indikator kemampuan koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu koneksi inter konsep matematika, yang mengaitkan antar konsep atau prinsip dalam satu topik yang sama, koneksi antar konsep matematika, yang mengaitkan antar konsep matematika dengan ilmu lain selain matematika, dan koneksi dengan kehidupan sehari-hari, yang mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) subjek laki-laki pada kelompok atas termasuk dalam kategori baik sekali karena, sangat mampu menguasai keempat indikator kemampuan koneksi matematis, 2) subjek laki-laki kelompok tengah termasuk kategori baik, karena hanya mampu mencapai tiga indikator kemampuan koneksi matematis, 3) subjek laki-laki kelompok bawah termasuk kategori tidak karena, tidak mampu mencapai satupun indikator kemampuan koneksi matematis, 4) subjek perempuan pada kelompok atas dan tengah termasuk dalam kategori baik sekali karena, sangat mampu menguasai keempat indikator kemampuan koneksi matematis, 5) dan subjek perempuan kelompok bawah termasuk kategori kurang baik karena, hanya mampu mencapai indikator kesatu saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan koneksi matematis; Gender; Bilangan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:50
Last Modified: 10 Nov 2021 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13536

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics