Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson dan Krathwohl dalam menyelesaikan permasalahan materi operasi aljabar ditinjau dari kepribadian

Karima, Nala (2020) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson dan Krathwohl dalam menyelesaikan permasalahan materi operasi aljabar ditinjau dari kepribadian. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056032_Nala Karima] Text (SKRIPSI_1503056032_Nala Karima)
SKRIPSI_1503056032_Nala Karima.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya tuntutan bagi peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi yang ditunjukkan pada kompetensi inti nomor 3 dan 4 kelas VII, akan tetapi pada praktik pembelajaran yang ada di kelas VII B MTs Walisongo Jepara peserta didik belum diajarkan untuk berpikir tingkat tinggi.
Selain untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar peserta didik, penelitian ini juga untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan teori Anderson dan Krathwohl ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik. Menurut Anderson kemampuan berpikir tingkat tinggi dibagi menjadi tiga, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Ketiga kemampuan tersebut dinilai berdasarkan proses, bukan hanya sekedar menilai hasil. Sedangkan tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini menurut teori Carl Gustav Jung dibagi menjadi dua, yaitu introvert dan ekstrovert.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut teori Anderson & Krathwohl dalam menyelesaikan permasalahan materi operasi aljabar ditinjau dari kepribadian siswa kelas VII B MTs Walisongo Pecangaan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B, karena kelas tersebut memiliki nilai rata-rata UTS tertinggi dibandingkan dengan kelas VII A. Data yang di peroleh berasal angket, tes, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan analisis terhadap data diperoleh hasil bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua peserta didik MTs Walisongo yang bertipe kepribadian introvert memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dan peserta didik bertipe kepribadian ekstrovert memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, dari 12 peserta didik masing-masing tipe kepribadian 2 mendapat nilai tertingi, 2 mendapat nilai sedang, dan 2 mendapat nilai rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir; Berpikir tingkat tinggi; Teori Anderson & Krathwohl; operasi Aljabar; Introvert; Ekstrovert; Kepribadian; Kemampuan menyelesaikan masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:57
Last Modified: 10 Nov 2021 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics