Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Pasinan ditinjau dari gaya kognitif dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial tahun pelajaran 2019/2020

Khoiriyah, I’anatul (2020) Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Pasinan ditinjau dari gaya kognitif dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056040_I'anatul Khoiriyah] Text (SKRIPSI_1503056040_I'anatul Khoiriyah)
SKRIPSI_1503056040_I'anatul Khoiriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial ditinjau dari gaya kognitif Field Independence dan Field Dependence.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Pasinan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan data tertulis dan lisan. Data tertulis didapat dari hasil pekerjaan peserta didik pada instrumen kemampuan representasi matematis dan tes gaya kognitif. Data lisan didapat dari hasil wawancara subyek. Kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis. Dalam penelitian diambil sejumlah 6 subyek responden yang terdiri dari kelompok atas, sedang dan rendah dari masing-masing gaya kognitif Field independence dan Field dependence.
Berdasarkan hasil dari analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan representasi matematis peserta didik Field Independence pada kelompok atas mampu mengubah ke bentuk representasi matematis visual atau gambar, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis yang diminta, pada kelompok sedang mampu mengubah representasi matematis persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis, sedangkan pada kelompok rendah tidak mampu mengubah ke dalam tiga representasi matematis yang diminta. (2) Kemampuan representasi matematis peserta didik Field Dependence pada kelompok atas mampu mengubah ke bentuk representasi matematis visual atau gambar, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis yang diinginkan, pada kelompok sedang mampu mengubah ke dalam representasi matematis persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis, sedangkan pada kelompok rendah tidak mampu mengubah ke dalam tiga representasi matematis yang diinginkan. Dalam penelitian yang dilakukan ini didapatkan hasil bahwa peserta didik Field Independence dan Field Dependence memiliki kemampuan representasi matematis yang hampir sama. Namun, setelah dikaji lebih mendalam melalui wawancara, diperoleh bahwa peserta didik dengan gaya kognitif Field Independence bisa menjelaskan lebih detail dan jelas dari pada peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependence.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi matematis; Gaya kognitif; Soal cerita; Aritmatika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:17
Last Modified: 10 Nov 2021 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics