Efektivitas model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana

Areni, Diah Ayu Budi (2020) Efektivitas model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056044_Diah Ayu Budi Areni] Text (SKRIPSI_1503056044_Diah Ayu Budi Areni)
SKRIPSI_1503056044_Diah Ayu Budi Areni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi pola bilangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah the randomized posttest-only control design. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas (model pembelajaran TTW) variabel terikat (kemampuan berpikir kritis). Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Juwana, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B adalah kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diperoleh hasil bahwa rata-rata skor akhir kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu 20,82 lebih tinggi daripada skor akhir kemampuan berpikir kritis kelas yang tidak menggunakan yaitu 16,07. Dari uji perbedaan rata-rata diperoleh t_hitung=5,387 dan t_tabel=1,674 pada taraf signifikansi 5%. Karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada yang tidak menggunakan. Jadi, penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Berpikir kritis; Think talk write (TTW); Pola bilangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:18
Last Modified: 10 Nov 2021 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics