Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana

Prakosa, Mochamad Arbach (2020) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056045_Mochamad_Arbach_P] Text (SKRIPSI_1503056045_Mochamad_Arbach_P)
SKRIPSI_1503056045_Mochamad Arbach P.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mata pelajaran yang sulit di pelajari menurut para siswa adalah Ilmu Matematika karena memiliki pemahaman dan penggunaan bahasa yang terlalu sulit dipahami. Padahal dalam matematika untuk hal komunikasi, menyampaikan gagasan matematis yang berisikan konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah itu penting guna proses komunikasi guru dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi matematis pada materi kubus dan balok Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational dan Idealist pada Kelas VIII MTS Tarbiyatush Shibyan Margomulyo Juwana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII MTs Tarbiyatus Shibyan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes tertulis komunikasi matematis dan wawancara. Indikator komunikasi matematis yang digunakan adalah: (1) Menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (2) Menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika, secara lisan ataupun tulisan, (3) Menyelesaikan persoalan peristiwa sehari-hari dengan bahasa dan simbol-simbol matematika, (4) Membuat kesimpulan secara tertulis menggunakan bahasa sendiri. Hasil analisis disimpulkan bahwa tipe kepribadian idealist memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding dengan Tipe kepribadian Guardian, Artisan dan Rational. Nantinya hasil ini akan dapat digunakan dalam pembelajaran dan dapat disesuaikan dengan tipe kepribadian siswa masing masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Kubus dan balok; Tipe kepribadian; Guardian; Artisan; Rational; Idealist
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:51
Last Modified: 02 Nov 2021 08:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13542

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics