Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik materi pokok himpunan semeter gasal kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak, (Boyolali) tahun pelajaran 2019/2020

Sari, Usge Novi Hermika (2020) Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik materi pokok himpunan semeter gasal kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak, (Boyolali) tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056056_Usge_Novi_Hermika_Sari] Text (SKRIPSI_1503056056_Usge_Novi_Hermika_Sari)
SKRIPSI_1503056056_Usge Novi Hermika Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai solusi dari permasalahan terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah True Experimental Design jenis Post-test Only Control Design. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dari 73 peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematika yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata klasikal kelas eksperimen dengan menerapkan model Numbered Heads Together (NHT), lebih baik dari pada nilai rata-rata klasikal kelas kontrol dengan menerapkan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata dengam menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan dengan dk= 46 dan taraf signifikansi 5% diperoleh yaitu 3,703 > 1,679
maka dalam pengujian ini ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas kontrol. Artinya penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Numbered Heads Together (NHT); Komunikasi matematika; Himpunan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:49
Last Modified: 02 Nov 2021 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics