Efektivitas model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun ajaran 2019/2020

Hidayah, Nurul (2020) Efektivitas model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056057_NURUL HIDAYAH] Text (SKRIPSI_1503056057_NURUL HIDAYAH)
SKRIPSI_1503056057_NURUL HIDAYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran probing prompting efektif terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Hasanuddin 6 Semarang kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling, dan terpilihlah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran probing prompting dan variabel terikat yaitu kemampuan koneksi matematis. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan metode tes.
Data hasil post test dianalisis dengan menggunakaan uji hipotesis independent sampel t-test. Perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 16,844 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 10,719. Uji perbedaan rata-rata diperoleh hasil bahwa perhitungan t_hitung=7,416 dan t_tabel=1,671 pada taraf signifikansi α=5% dan dk=32+32-2=62. Hasil menunjukkan bahwa nilai t_hitung lebih dari t_tabel, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima artinya hasil post test kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen dengan model pembelajaran probing prompting lebih tinggi daripada hasil post testkemampuan koneksi matematis kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting efektif terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Koneksi matematis; Probing prompting; Persamaan linear; Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:20
Last Modified: 10 Nov 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics